Minggu, 01 November 2009

Tips Blogging Secara Offline.


Maksudnya mengetik postingan tanpa harus dalam keadaan terhubung (online) dan login. Pada awalnya sih, saya punya cara sendiri. Yaitu dengan mengetik postingan di Microsoft Word, dan kalau sudah selesai baru di copy pada text editor (new entry-bagian HTML), terus di publish. Tapi untuk upload foto, mengatur jenis atau warna text, menambah link, dll. Saya harus dalam keadaan online tentunya.


Tapi… baru tau (maklum blogger pemula amatiran pula he…he…he…), ternyata software untuk masalah seperti itu sudah banyak bertebaran di internet. Salah satunya adalah "Blogdesk", ada sih tool yang lain dengan fungsi yang sama, seperti "Post2blog", ScribeFire, "Zoundry", "W.bloggar", "flock", dan yang katanya paling bagus dan lagi booming, yaitu "Windows Live Writer". Ya… udah coba download "WLW" tapi untuk instalnya susah, musti dalam keadaan online, sudah itu lama pula, apalagi kalau networknya lambat, error bin gagal melulu deh…


Mungkin, kedepannya saya akan mencoba WLW. Tapi, karena sekarang saya cuma punya satu blog di blogger.com (bisa dibilang, untuk saat ini saya blogging cuma untuk senag-senang dan berbagi pengetahuan, bukan untuk mencari penghasilan. karena "belum cukup umur", belum tau mekanismenya, terus gak punya no. rekening).


Loh… kok jadi curhat, maaf ya… oke, back to the komputer jinjing. Sampai dimana tadi?, oh ya… untuk saat ini saya lebih memilih "Blogdesk" karena ukurannya kecil, menginstallnya juga tidak harus online, simple, dan yang paling penting, tool ini gratis dan fullversion. Nah… untuk mendownloadnya silahkan klik di sini.

Selesai download, terus install blogdesk-nya, dan ini cara menggunakannya:

Pertama-tama, kita harus mendaftarkan account blog yang kita miliki,
Untuk mendaftar, klik menu "File" kemudian pilih "Manage Blogs";
kemudian akan muncul sebuah window, lalu klik "New", untuk mlanjutkan pendaftaran.
pertama isi nama blog kemudian klik "next",
lalu isi alamat blog (URL) klik next lagi untuk memilih jenis blog.

loh!!! kok gak ada blogger.com, mungkin itu yang dikatakan sebagian orang. terus kenapa saya posting?, padahal saya cuma punya blog di blogger. 'kan tadi saya bilang blogging cuma sekedar untuk bersenang-senang dan berbagi, lagi pula tool ini tetap bermanfaat untuk saya, 'kan yang penting mengetik postingan dengan leluasa (offline maksudnya, hemat...hemat...). mungkin nanti saya akan beralih ke "WLW", kalau sudah punya banyak blog yang harus dikelola.

masih mau lanjut gak nih...!??

kalau masih ayo'..., setelah memilih jenis blog (weblog system), klik next...
lalu akan muncul sebuah window lagi, tapi yang ini langsung di "next" aja... (gak perlu diuabh).
masukkan nama login dan passwordnya, lalu klik "next" lagi...
setelah itu, klik “Get Blog ID”, dan kemudian ID kamu akan muncul, (na.. copy dah... tu).
kemudian klik “Get Categories” maka secara otomatis akan muncul kategori-kategori yang telah kita buat sebelumnya.
Berikutnya diminta untuk mencoba melakukan proses upload gambar, dengan mengklik tombol “Test Upload”. tapi kalau tidak ingin mengetes, "klik next" saja...

dan, terakhir tekan tombol finish...

kalau untuk fungsi-fungsi toolbarnya, cari tau sendiri aja ya... gampang kok, tinggal di sorot aja terus muncul keterangannya...
tapi kalau mau liat HTML dari postingan yang kamu ketik atau mau memasukkan script, pilih view, terus pilih source, atau pilih change view (F5)....

Selamat Mencoba, Semoga Berhasil, dan Semoga Bermanfaat!!!

0 komentar:

Posting Komentar