Jumat, 17 September 2010

Daftar Animasi Indonesia

Kumpulan Animasi Indonesia.

Sebelumnya saya sudah membahas soal masalah-masalah mendasar, mengapa Industri Animasi Indonesia masih terbilang buruk. Hampir tidak ada animasi karya dalam negeri, yang bisa eksis di Indonesia. Padahal Anime Jepang, dan Animasi Amerika begitu merajalela di negeri kita ini. bahkan negara-negara tetangga seperti India (little krisna) dan Malaysia (Upin-Ipin) sudah mulai menunjukkan taringnya dalam persaingan Animasi Dunia. Animasi mereka (Jepang, Amerika, India, Malaysia, dll) telah mendapat penggemar bahkan fanatisme dari para penikmat animasi dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia.

Bagaimana dengan animasi Indoensia. Jangankan digemari, tahu saja tidak. Kalau saya bertanya. Sebutkan tokoh anime-anime Jepang yang anda gemari. Mungkin anda akan menjawab "banyak!!!". Tapi, coba sebutkan salah satu tokoh animasi indonesia yang anda ketahui. Yah... paling-paling Si Unyil, benar gak?. Padahal Si Inyil secara teknis (boneka tangan) belum bisa dikategorikan sebagai Animasi.

Jadi, cuma sekedar sharing informasi tentang animasi-animasi Indonesia. Supaya kalian tahu animasi-animasi karya anak bangsa itu kayak apa sih?.

Kalau menurut saya, animasi-animasi Indonesia itu gak kalah bagus ama animasi-animasi luar. meskipun ada banyak kekurangan, seperti gerakannya (animasi 3D) yang masih agak kaku. dan durasinya yang terbilang pendek (maklumlah, membuat animasi itu memang butuh biaya besar dan waktu yang cukup lama). Apalagi para animator Indonesia kurang mendapat dukungan dari pemerintah maupun dari masyarakat. Makanya mereka lebih suka memproduksi animasi untuk dijual ke luar negeri, daripada menjual hak siarnya kepada stasiun TV Indonesia (yang tidak mau ambil resiko, karena animasi lokal, kurang diminati dan dihargai, di negerinya sendiri).

[Video] Contoh Animasi Indonesia:
Meraih Mimpi


Homland
(Belum dapat trailernya. Dulu pernah dapat, udah ane cari ulang tapi gak ketemu-ketemu juga)

Petualangan Si Jaka


Cerita dan Lagu Anak Islam (Series) (Yang Ini Diselingi Lagu)


Aku Tahu (Series) (yang ini tokoh-tokohnya sama kayak yang di "Cerita dan Lagu Anak Islam" tapi (tidak di selingi lagu), isinya tentang penjelasan-penjalasan mengenai puasa, shalat, dll.)


Tupi dan Ping-Ping (Series)


Hebring (Series) (yang ini lumayan gan, bisa bikin ane ngakak...heheheh...)
Hebring 1

Hebring 2


Kabayan Lip Lap (Series)


Broken


Jagoan


Si Huma (Series) (Animasi ini tayang di TVRI di tahun 80an)


911 Rescue Team (Series)


Petruk Show


Menaklukkan Setan Melalui Doa (Series)


Lindungi Hutan Kita (Gak jelas siapa yang buat, tapi dari Indonesia kok)


Bersama Ella dan Ello (Series)


Bersama Diva (Series)


Gimana?, Gak kalah bagus 'kan sama animasi dari luar negeri. Yang lainnya bisa kalian bisa cari sendiri di Youtube.

Catatan:

dikutip dari, http://id.wikipedia.org/wiki/Animasi

"Perkembangan animasi sebenarnya telah meluas di Indonesia, bahkan ada beberapa studio yang telah membuat animasi lisensi luar dikerjakan oleh tenaga ahli lokal atau dengan kalimat lain, Indonesia sudah lama terkenal hanya sebagai tempat produksi industri film animasi Jepang dan Amerika Serikat. Data Ainaki (Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia) mencatat nama-nama studio animasi Indonesia, diantaranya adalah: Frozzty Entertainment, Tunas Pakar Integraha, Castle Production,CAM Solution, Mirage, Pustaka Lebah, Jogjakartun, Mrico, Animad Studio, Jelly Fish, Bulakartun, Griya Studio, Bening Studio, Studio Kasatmata, Asiana Wang Animation, Bintang Jenaka Cartoon Film, Red Rocket, Infinite Frameworks Studios Batam dan lain-lain.

Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik."

Ternyata, Indonesia punya potensi yang sangat besar dalam bidang Animasi. Jadi cintai dan hargailah produk dalam negeri.

Di bawah Ini website rumah produksi yang memproduksi "Cerita dan Lagu Anak Islam", "Aku Tahu", "Tupi dan Ping-Ping", dll.
http://raispictures.com/main/

6 komentar:

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

saya punya usul, bgimana kalau siaran tv indonesia (kayak sp**e t**n) bikin kompilasi kartun indonesia. nampilin kumpulan animasi-animasi buatan lokal, dari animator-animator indonesia yg berbda-bda. trus dikemas dlm satu program khusus.

Anonim mengatakan...

wah bleh jg tu,.,.prlu dprbnyak lagi tu,.,.,

Angga suka Ngenet mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Angga suka Ngenet mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Angga suka Ngenet mengatakan...

wah animasi buatan Indonesia sudah ada sejak tahun 80-an yah? Ada juga animasi bergaya Jepang (anime) yang dibuat oleh anak-anak Indonesia seperti 4hero. Jadi coba saja orang Indonesia (terutama yang bsa dan suka sekali menggambar bergaya komik jepang) membuat anime (tetapi menggambarkan kebiasaan orang indonesia, misalnya memakai seragam sekolah negeri, membuka facebook, ngeband, atau kegiatan lainnya deh terutama yang dilakukan anak-anak muda atau ABG), pasti laris tuh... Dan satu lagi, anime seperti buatan Jepang itu kan biasanya memakai lagu pop, jadi coba membuat anime dengan memakai lagu pop Indonesia, pasti semua musisi, baik indie, terkenal, atau yang saat ini sedang naik daun, bisa go internasional hanya lewat anime.

Anonim mengatakan...

ya.. memang anima indonesia (kurang berkembang)..
contohnya:
gerakan yang kaku
durasi pendek
kualitas gambar rendah
dan anima indonesia selalu menampilakn cerita yang membosankan, misal:
episod 1 tentang kebudayaan indoneisia,
episod 2 tentang tarian indonesia,
episod 3 tentang makanan indonesia

pantas anima indonesia tak berkembang, karena ceritanya ituu-itu aja..(bukan maksud,meremehkan budaya indonesia yach), awal yang baik seharusnya dimulai dari cerita biasa2 saja. setelah berselang episode, baru tentang budaya...

Posting Komentar