Kamis, 02 September 2010

Mengapa Tak Ada Satupun Negara Islam Yang Tergolong Negara Maju? (No Sara!)

Mengapa Tak Ada Satupun Negara Islam Yang Tergolong Negara Maju?. Pertanyaan yang cukup sensitif, terutama bagi kaum Muslim. Tapi, percayalah bukan cuma saya yang berpikir demikian, dan memang itulah kenyataannya. Mari kita lihat peta di bawah ini yang menunjukkan pembagian daerah-daerah negara miskin, berkembang, dan maju (Berdasarkan IMF pada tahun 2008).



Biru Muda: Negara maju
Orange: Negara Berkembang
Merah Kecoklatan: Negara Miskin

Organisasi seperti Bank Dunia, IMF, dan CIA, biasanya setuju bahwa sekelompok negara maju termasuk:

Anggota Uni Eropa:
Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Luxemburg, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia, Britania Raya.

Negara non-UE:
Andorra, Islandia, Liechtenstein, Monako, Norwegia, San Marino, Swiss, Vatikan.

Negara bukan Eropa:
Australia, Kanada, Korea Selatan, Hong Kong, Israel, Jepang, Selandia Baru, Singapura, Taiwan, Amerika Serikat.

Data lebih lengkap: http://id.wikipedia.org/wiki/Negara_maju


Dari peta diatas, tidak ditemukan satupun negara Islam ataupun negara bermayoritas penduduk Muslim bukan?, justru yang banyak adalah negara Islam yang miskin terutama di daratan Afrika. Perlu diketahui, beberapa negara telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan fosfor dan Brunei Darussalam melalui pengambilan minyak bumi) tanpa mengembangkan industri yang beragam, dan ekonomi berdasarkan-jasa tidak dianggap memiliki status 'maju'. Kebanyakan negara Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab, adalah negara kaya tetapi bukan negara maju, kerena Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata.

Hingga saat ini Iran disebut-sebut sebagai negara Islam yang paling maju terutama dalam bidang Sains diantara negara-negara Islam lainnya. Tapi negara inipun masih belum juga diakui sebagai salah satu negara maju (secara keseluruhan), diantara negara-negara lain di dunia. Sedangkan Israel, yang masih dalam kontroversi (karena wilayahnya yang merupakan hasil rampasan dari wilayah Palestina), sudah mendapat pengakuan dan predikat sebagai salah-satu negara maju di dunia.

Sekarang, apakah menjadi negara maju itu harus?. Sebagian besar dari kita pasti menjawab “Ya”. Tapi, coba kita lihat sekali lagi, apakah Islam itu cocok untuk kehidupan masyarakat negara maju seperti Jepang ataupun Amerika Serikat?—Yang notabene adalah negara super power yang saat ini memengang kendali Dunia. Saya rasa “Tidak Terlalu”. Ya, kenapa saya berpendapat demikian?.


Lihatlah kehidupan warga negara Amerika Serikat yang begitu bebas, termasuk untuk perilaku seks bebas (yang menimbulkan HIV-AIDS). Dan saat ini, ada 14 negara bagian di AS yang melegalkan marijuana, yaitu: Alaska, California, Colorado, Hawaii, Maine, Maryland, Michigan, Montana, Nevada, New Mexico, Oregon, Rhode Island, Vermont dan Washington.


Atau kehidupan warga negara Jepang yang dikenal sebagai pekerja keras, memiliki penanganan medis yang sangat baik, dan standar hidup yang tinggi, yang membuat mereka memiliki harapan hidup yang lebih panjang. Tapi, ketahuilah kebanyakan dari mereka hidup penuh tekanan, hal ini dapat dilihat dari predikat Jepang yang merupakan salah-satu negara dengan tingkat kasus bunuh diri paling tinggi di dunia.


Di bawah ini, adalah peta yang menunjukkan pembagian negara-negara berdasarkan jumlah kasus bunuh dirinya:


Rata-rata kasus bunuh diri:
Merah: di atas 13
Kuning: 6.5-13
Biru Tua: kurang dari 6.5
Abu-abu: Tidak ada

Data lebih lengkap: http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_negara_menurut_tingkat_bunuh_diri

Apa gunanya angka harapan hidup yang tinggi, kalau banyak yang bunuh diri karena tekanan hidup yang berlebih?.

Seperti yang kita ketahui, bagi kita umat Islam, bunuh diri ataupun mencoba bunuh diri merupakan salah satu dosa yang paling besar di hadapan Allah Swt. Dan lihatlah negara-negara mayoritas penduduk Islam, di daerah Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Afrika, hampir tidak tercatat adanya kasus bunuh diri disana.

Selain itu, negara-negara maju juga sudah melegalkan perjudian maupun minuman beralkohol di negaranya. Di negara maju yang super sibuk, tentu memiliki jam kerja yang begitu padat hingga larut malam, dan mereka hampir tidak memiliki waktu istirahat (mungkin termasuk untuk Shalat). Bahkan saat ini, di Italia (dan mungkin dinegara-negara maju lainnya), muncul sebuah kebijakan “aneh” yaitu, melarang para pekerja Muslim untuk berpuasa di bulan Ramadhan karena alasan keseahatan (Larangan tersebut dikeluarkan Komite Keselamatan Kegiatan Pertanian Italia. Mereka mengharuskan pekerja di ladang, termasuk Muslim, untuk tetap makan dan minum selama Ramadhan). Dan bagi mereka yang melanggar, dipecat adalah konsekuensinya.

Alkohol merupakan salah satu penyebab utama tindakan kriminal (Bahkan sudah dijelaskan dalam sebuah kisah Islami, bahwa alkohol bisa membuat seseorang nekad untuk memperkosa dan lalu membunuh). Karena legalitas dari alkohol di negara-negara maju. maka inilah hasilnya:

Lebih lengkapnya lihat di: http://www.nationmaster.com/graph/cri_tot_cri-crime-total-crimes

Secara perhitungan "kasar", negara-negara maju seperti, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, Rusia, dan Jepang berada di enam teratas, sebagai negara dengan tingkat kriminalitas tertinggi di dunia (Meskipun tidak semua tindak kriminalitas dinegara-negera maju tersebut merupakan kejahatan yang disebabkan oleh minuman beralkohol). Dan anda tidak akan menemukan negara Islam sampai urutan ke 32 (Turki). Dan hanya beberapa negara Islam yang masuk dalam 82 negara dalam daftar tersebut.

Jadi, apakah kehidupan penduduk di negara maju saat ini, bisa berjalan sesuai syariat Islam?. Mungkin dulu ya, tapi sekarang tidak. Coba bandingkan kehidupan kita dengan orang-orang di barat sana. Mengapa dinegara kita yang masih banyak terdapat orang-orang muslim yang taat beribadah, justru tertinggal dari meraka (orang barat) yang hidup penuh kebebasan dan sangat jauh dari syariat Islam, tapi mereka berhasil mendirikan negara-negara yang maju.

Tapi, bukan tidak mungkin di masa yang akan datang, kejayaan Islam akan bangkit kembali dengan cara yang tidak kita duga-duga.

Namun, “Islam datang pada masa jahiliyah dalam keadaan asing, dan telah datang masanya di mana islam saat ini dirasakan asing oleh pemeluknya. Sungguh benar sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya, “Sesungguhnya Islam dimulai dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana awalnya, maka thuuba (beruntunglah) orang-orang yang asing” (HR Muslim).

Mungkin saja kita sedang dalam masa kembalinya Islam, siapa tahu? Wallah hu Alam, kiamat semakin dekat bukan?, dan saat itu, sudah tidak ada lagi orang-orang yang beriman alias kaum Muslimin. Berdasarkan hadits-hadits shohih, Nabi Muhammad Saw. Sebelum kiamat terjadi, tanda-tanda besar akan bermunculan, ketika kiamat sudah dekat sekali (seribu tahun mungkin dianggap dekat, mengingat sejarah bumi yang begitu panjang). Maka Allah Swt, akan mendatangkan sebuah angin sejuk yang menyebabkan setiap orang beriman menemui ajalnya saat tersentuh angin tersebut. Sebab Allah Swt, tidak akan mengizinkan kiamat terjadi ketika masih ada kaum beriman di muka bumi walau hanya seorangpun.

Saya samasekali tidak bermaksud, membuat anda berfikir bahwa “Islam merupakan penghalang suatu negara untuk maju di jaman yang modern ini”. Tapi, yang ingin saya tekankan adalah “Apa yang baik di mata manusia belum tentu baik di hadapan Allah Swt.”, dan “Tak mengapa miskin di dunia, asalkan tak miskin di Akhirat”. Bukankah seseorang yang “ndeso”, miskin, berkulit hitam, dan berbibir tebal sekalipun, akan lebih baik di hadapan Allah Swt, ketika ia memiliki keimanan yang teguh kepada-Nya. Daripada seseorang (ilmuwan sekalipun) yang mendapat puja dan puji karena kecerdasannya, kaya raya, modern, atau berpenamplian sangat menarik, tetapi ia tidak percaya akan adanya Tuhan, yaitu Allah Swt. Dan bukan berarti saya menganggap miskin itu lebih baik dan menjadi kaya dan maju itu adalah buruk. Karena miskin dan kaya itu relatif (tergantung dari sudut pandang apa kita melihatnya).

Catatan: Ini hanya argumentasi saya, anda boleh setuju, boleh juga tidak (Saya rasa tidak ada kebohongan yang saya sampaikan di postingan ini).

Repost tidak apa-apa. Tapi, kalau bisa cantumkan sumbernya.

No Spam, No Debate, And No Sara. Please!
Mohon buat yang komentar, jangan komentar yang tidak bertanggung jawab, apalagi hanya sebagai Anonim.

PERHATIAN!!! (untuk mengurangi debat)
Maaf untuk selanjutnya... Kalau ada komentar yg memberatkan (apalagi komentar itu sama dengan kementar lain yg sudah diajukan), Dan saya sudah merasa menjelaskannya di postingan maupun komentar saya.

contoh pertanyaan:
Siapa bilang tidak ada negara Islam yang kaya... (diatas saya sdah menjelaskan perbedaan antara negara kaya dan ngara maju) atau,
Di Indoensia sama aja tuh, banyak prostitusi, minum Miras juga banyak! (Yang saya tekankan adalah tingkat Kriminalitasnya (bukan hanya sex bebas, mirasnya). Dan kalau mau banding-bandingkan. Kriminalitas di AS dan negara maju lainnya masih jauh-jauh lebih banyak daripada di negara kita)

Atau pernyataan yang meragukan terhadap data-data yg saya tampilkan dipostingan ini. Anda bisa langsung mengunjungi sumbernya (yaitu Wikipedia, sumber paling terpercaya yg bisa diakses oleh masyarakat umum) dan sumber-sumber lain dari Internet.

Jadi, saya tidak akan menanggapi hal-hal yg sperti diatas, (terutama komentar yg menggunakan kata-kata kasar) mungkin akan saya hapus, terima kasih... :)

Akhir kata: perhatikan apa yang diucapkan, bukan siapa yang mengucapkan. Terima kasih… :)

90 komentar:

Anonim mengatakan...

Honestly, this is only an escape route that you made to avoid the real truth...
absurd

Anonim mengatakan...

analisa yang bagus..

Anonim mengatakan...

mungkin bunuh diri emang jarang tapi.. tingkat kejahatannya tinggi, bukannkah itu banyak di negara yang mayoritas muslim ex: afrika, timteng, dll..

Anonim mengatakan...

Siapa bilang?!, coba baca di sini: http://forum.detik.com/showthread.php?t=142420

anda bisa lihat data tentang tingkat kriminalitas diseluruh dunia. dan lihat negara apa yang juara...

Anonim mengatakan...

keren bgt..

Anonim mengatakan...

tekanan hidup berlebih menyebabkan stress berat setuju sekali...tanda dari ketamakan dan kurang bersyukur. ikut cara hidup mereka cuma bawa kita ke lubang biawak yg sama.

Unknown mengatakan...

Tak mudah mengkonversi nilai-nilai spiritualitas ke dalam statistika kuantitatif.

Ia mungkin baru sebatas bisa dirasakan.

Meski belum terlalu akurat, tapi artikel tersebut lumayan bagus.

Mungkin lain waktu bisa dipakai pendekatan yang lebih kualitatif.

Anonim mengatakan...

analogic anda membuat saya kembali bahwa kiamat itu memakan banyak orang, tapi alangkah sedih nya manusia yang di takdirkan untuk hidup di akhir zaman tersebut,,,

Anonim mengatakan...

Siapa yang tak mempercayai Tuhan sungguh dia terlalu Sombong, Jika bisa menghidar dri KEMATIAN brulah para Atheis blh bersombong dan berbangga diri.... tp untk Atheis di Indonesia kliatanya nda da deh. yg Banyak, orng beragama namun hny sbg identitas belaka..

Anonim mengatakan...

hahahaha,,,

cara mengelak yang baik ... cara membela diri yang baik. Tapi bukankah tujuan kita ber-TUHAN juga adalah untuk memberikan kemajuan dan kemakmuran bagi umat di dunia? Internet, kemajuan teknologi, obat2an dll semuanya ini sebagian besar didapatkan DARI NEGARA YANG ANDA BILANG MAKMUR ITU! So, apabila kita berpikiran dengan menggunakan cara FANATISME SEMPIT, DAN ABSURB SEPERTI YANG ANDA LAKUKAN? Mending kita balik ke zaman jahiliyah saja dan tidak usah berpikiran untuk MAJU!

ABSURB, Sebuah pencarian untuk pembenaran!

Anonim mengatakan...

No Spam, No Debate, And No Sara. Just Truth.

1. Ada beberapa data yang tidak valid disini.
Kasus bunuh diri di Indonesia ada. Rata-rata menenggak baygon.
http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=4269
Tidak ada kaitannya dengan agama ataupun peraturan2nya. orang stress ya stress. jika anda demikian peduli isi larangan agama anda, apakah anda pernah terlibat dalam menenangkan atau membantu secara langsung rekan anda yang stress?

2. Statistik penggunaan alkohol pada 6 terata adalah negara2 yang pada dasarnya mengalami musim salju. Mereka perlu mengkonsumsinya untuk menghangatkan badan walaupun ada penyelewengan tentu saja. Negara Islam rata2 tidak mengalami musim dingin seperti ini. Jadi mengapa harus mengkonsumsi alkohol??

3. Mempercayai agama sepenuh hati boleh. Tapi fanatisme berlebih hanya merugikan. http://mengenal-islam.phpbb3now.com/viewtopic.php?f=2&t=1515

Anonim mengatakan...

Maaf, saya pernah kuliah di America.

saya rasa minum alkohol itu adalah PENTING. karna untuk menghangatkan tubuh. karna disana negara dingin.

mohon dikoreksi lagi yah.
Terima Kasih.

saya 100% Muslim.
Baru mengerti mereka meminum alkohol karna tujuannya memang untuk menghangatkan tubuh.

Terima Kasih.
Salam

umie mengatakan...

yap, i agree coz its useless living for riches but under presure more.

Anonim mengatakan...

Dasar idiot buta lu ya siapa bilang negara2 islam tidak ada yang kaya dan sukses ?. Itu buktimya negara arab dan dubai super kaya2 mereka....

Naruto 507|Naruto 508|Naruto 509|Naruto 510|Naruto 511|Naruto 512|Naruto 513|Naruto 514| mengatakan...

bnyak skg negara islm yg sudah maju, saudi arabia yang skg pny jam raksasa terbesar di dunia yg bkal jadi kiblatnya waktu dunia, iran dan irak sebagai negara pembuat nuklir yang di takuti dunia khususnya negara barat, dll. jdi jngan di kira negara muslim akan selama memiliki image seperti itu!!!

Anonim mengatakan...

saudara2ku...kembalilah kepada Al-Qur an dan Hadits dengan pemahaman para sahabat yang langsung didik oleh Rasulullah...bagaimana caranya kembali??? itu aseperti bocah SD ditanya soal ujian anak SMP....belajar yang bener kuncinya wahau saudaraku....semoga kita semua memahami kehidupan seperti apa yang di ridhoi oleh Allah dan Rasulnya...

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

minum minuman beralkohol adalah haram (penggunaan dlm makanan saja msih masalah), knapa tidak menggunakan minuman berbahan jahe yg halal? lgipula kjahatan dngara maju bkan hanya mnum Alkohol, tpi jga judi, seks bebas dll, apakah itu suatu kbuthan disana???

Internet dan fsilitas lainnya dri ngara maju, tpi penghasilan mreka datang dari negara lain. dan saya tdk mendapatkan fasilitas ini scara gratis krena blas kasihan dari negar maju bukan???

dan buat yang blg Arab Saudi, Iran, Irak negara kaya, saya sdah jelaskan diatas perbedaan antara ngara kaya dan maju... dn ngara Islam yg pling mju saat ini adalah Iran, tpi Iran blum mndapat pngakuan dari orgnisasi sperti Bank dunia, CIA, atau IMF. thx :)

Anonim mengatakan...

keren...

Anonim mengatakan...

Mengenai komentar bahwa "alkohol untuk menghangatkan tubuh"... menurut Saya itu konyol! tidak ada yang merekomendasikan alkohol sebagai penghangat tubuh... dan yang diharapkan itu adalah kata "Mabuk", salah satunya berasal dari mengkonsumsi ALkohol secara berlebihan.

Anonim mengatakan...

Saya tetap lebih memilih tinggal di negara maju/berkembang dengan segala resiko alkohol dsb (yg penting bisa jaga diri), daripada tinggal di negara miskin yang masa depan suram. Buktinya, keluarga2 kesultanan dari negara2 Islam yang miskin pergi jauh2 menuntut ilmunya ke negara maju. Itu menunjukkan bahwa mereka mau jadi negara maju, bukan bersyukur dengan keadaan mereka yang terpuruk. Siapa sih yang mau hidup miskin terus. Semua orang juga mau maju kan?

aNto mengatakan...

Hahaha keren, judulnya mengundang orang untuk membaca. Like it so much...

Sembrani mengatakan...

Percayalah....Indonesia adalah negara yang sudah sangat-sangat maju.....Hanya saja kategori 'kemajuan' yang dimiliki Indonesia tidak ada dalam 'sistem' perhitungan sebuah negara maju...
:D

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

di postingan ini saya bukannya mengajak anda untuk tidak berpikiran maju, atau trima-trima saja "miskin". Manusia diuji dgn dua cara yaitu dgn musibah atau kekayaan dan kesenangan duniawi lainnya. dan mungkin mereka dinegara maju sdg diuji dgn keadaan mreka yang "lbih". dan ngara miskin diuji dgn kmiskinannya. tpi, lihatlah cobaan dingara maju mmg lbih "sukses" menjerumskan orang dlm dosa-dosa yg mungkin mreka anggap biasa "sperti minum alkohol, ganja, bahkan bunuh diri".

“Sesungguhnya Islam dimulai dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana awalnya, maka thuuba (beruntunglah) orang-orang yang asing” orang asing itu adalah kaum Muslimin. dan kaum Muslimin adalah yang bruntung.

Sunthree mengatakan...

"Yang salah bukan Islamnya, tapi orang-orangnya".....(pasti sering denger kalimat ini).

Tapi coba ikuti analogi berikut:
Ada orang 100 yang lagi makan dan setelah itu yang 80 merasa sakit perut dan keracunan, bisa dipastikan bahwa makanannya yang bermasalah.
Kalau 8 dari 100 orang tadi yang sakit, maka kemungkinan besarnya karena perutnya yang bermasalah.

So.....kenapa begini, kenapa negara-negara muslim tidak menjadi "hightcountry" ????
padahal "makanannya" Islam.

TAQDIR ....??????

Achong mengatakan...

Saatnya Umat Islam bangkit kembali.

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

@Subthree...
maaf, tapi z tidak bermaksud menyalahkan Islam sbg pnybab negara tidak Maju, krena tdk slamanya ngara maju itu indah (Khususnya di era globalisasi skrg inI). saya sdah jlaskan di atas... :)

Anonim mengatakan...

menurut saya bukan agamanya, melainkan manusianya. di Indo yang muslim, banyak juga yg secerdas Einstein. di Amerika, banyak juga yang baik. kebetulan sy ada kenalan amrik.

so semua itu kembali ke masing-masing pribadi manusianya. solusinya, seimbang antara vertikal (agama) dan horizontal (sosial-ekonomi).

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

@ anonim said: So, apabila kita berpikiran dengan menggunakan cara FANATISME SEMPIT, DAN ABSURB SEPERTI YANG ANDA LAKUKAN? ABSURB, Sebuah pencarian untuk pembenaran!


Absurb atau Absurd? maaf saya tidak Fanatik. terkadang saya jg masih mninggalkan kwajiban sbg seorang muslim... :)

Anonim mengatakan...

di Indonesia banyak juga yg secerdas Einstein?, maaf saya tdk berpendapat demikian. Einstein adalah Ilmuwn terkemuka abad 20 loh. kalau yg seperti beliau banyak di Indonesia. Amerika bakal lewat....

memang antara vertikal dan hirizontal harus seimbang. tpi yg terjdi di Ngara maju Hreizontal lbih dominan daripada Vertikal...

mka Indonesia sbg ngara berkembang, sudah mmiliki keseimbangan yg pas. tdk terlalu miskin tdk terlalu kaya. bersyukurlah sbg orang Indonesia...

Anonim mengatakan...

mane tak ado link nya? boong nieh? @ 21 september 2010. 21.24.

ardi chris mengatakan...

artikel ini jadikan masukan saja
jangan jadikan sebagai acuan ya

Anonim mengatakan...

Maju dlm sgla hal, 'blh? Seimbang antara VER-HOR juga perlu' s'imbng dlam sgla hal jg d'anjrkan dlm islam,kembali pd al-qur'an dan sunnah itu lbh baik,dan klo s'andinya ngra yng bermayoritas islamlah yng maju mgkn akan lebi indah? Terutama jika yng dimajukan bkn dari segi hal tecnologi,ekonomi,taraf hidup,dllsbg,tapi juga dari segi pengamalan islam dan SDM juga perlu maju.

ever mengatakan...

hidup Indonesia bukan termasuk negara yang banyak bunuh diri....... tapi sayangnya negara yang banyak korupsi uups ..... semoga kembali kejalan agama semuanya

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

@andi chris, siiip! :)
@anonim dibawahnya, mudah-mudahan Islam bisa bangkit kembali, dan tentu saja saya juga mengrapkan hal itu terjadi. hanya saja kemajuan membuat orang-orang menjadi sombong dan lupa akan Tuhan (itu yg terjadi pada Ilmuwan-Ilmuwan besar).

makanya saya blg, mungkin sja dimasa yg akan datang Islam akan bangkit dengan cara yg tidak kita duga-duga. krena keseimbangan antara Vertikal-Horizontal mmg sangat susah diwujudkan di zaman skarang ini. :)

egggggggg mengatakan...

Nice posting..sebenarnya jangan diributkan isinya, tapi makna dari posting ini mengajak kita untuk maju sesuai dengan kehendak Allah. Negara Maju tetapi akhlaknya buruk ya percuma .. Q.S Annass (Bahwa sesungguhnya manusia itu dalam kerugian)..

Kemajuan didunia adalah sesuatu hal yang semu, tapi di dalam Al Quran kita juga dituntut untuk mempelajari Ilmu Pengetahuan, Akhlak dan agama tentunya secara berimbang

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

@egganimation:
yup!, itu yg saya maksudkan. Negara maju tpi ahlaknya buruk kan percuma. yg saya harapkan Negara Islam bisa maju dengan caranya sendiri. bukan seperti Negara maju yg skarang ini. hanya saja kehidupan ini adalah semu, kmajuannya pun semu.

krena kehidupan sesungguhnya adalah kehidupan setelah mati. dan situlah para Kaum muslimin yg terus mngumpulkan bekal di dunia ini, akan menjdi kaum yg kaya (di kehidupan yg sesungghnya itu...)

jdi, sperti yg sudah saya bilang, miskin didunia tak mngapa, asalkan jgn miskin di akhirat...

Kaya di dunia, miskin diakhirat, Nauzubillah...
kalau, Kaya di dunia dan akhirat, ya Alhamdulillah... :)

Anonim mengatakan...

like this...

noname mengatakan...

Tuhan berkata:
"Iman tanpa perbuatan adalah mati..!!!"
rejeki tuu dateng ny emng dr Tuhan..tp g lgs jatuh dr langit...kerja juga..!!
jd,negara maju bukan brrti negara yg g mpy Tuhan..
ahh..sini jg..blg ny aj negara beragama..tp jg g pny moral..sex bebas jg bny kali dsini..
g kliatan aj..
jgn jelekin neg org x..
liad diri sndri jg..

anonim mengatakan...

sex bebas..sm aj ky neg maju..indo jg bny..prostitusi aplg..
cm bedanya sini neg yg plg bny korupsinya..
apakah berakhlak??
jgn lht dr maju atau tdk ny suatu neg..lihat dr individunya..
daripada jelekin neg org yg udah sukses..mndingan kita benahi negara kita dl..bru bs angkat kepala..

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

@noname: saya tdk beranggapan bahwa kita hanya perlu berdoa spaya mendapat rejeki. saya tdk bermaksud menghiana neg orang. itu mmg knyataannya.

dan klw mau mau banding-bandingkan dgn ngara ini. kriminalitas Negara maju sperti AS, jauh-jauh lebih banyak ('kan udah ada datanya diatas). klw disini sex bebas dpt hukuman berat (trutama hukuman moril), d AS seks pranikah dianggap wajar-wajar aja. gimana? :)

Anonim mengatakan...

Saat ini negara Islam itu blm ada, yg ada hnya negri muslim, krn negri2 muslim blm memakai sistem Islam scr kaffah, yg ada baru pendudukny yg mayoritas muslim.
wajar klo negri2 muslim tdk ada yg maju, krn tak ada satu pun negri Islam yg memakai sistem islam dg sempurna yg mengatur sgala aspek kehidupan, klo pun ada paling cma sebagian, sistem politik yg dipakai jg semua sistem politik demokrasi yg notebene nya merupakan alat AS & sekutuny utk menancapkan hegemoninya di negri2 kaum muslim agar kekayaan negri muslim dpt dieksploitasi sebesar2ny utk membiayai kemajuan peradaban mereka.
klo Qt meneropong kembali k masa silam saat Islam berjaya sbg negara adidaya selama 13 abad, dpt Qt lihat bgmana Islam mnjadi kiblat negara2 d seluruh dunia sbg peradaban yg maju. Saat itu eropa saja msh mandi brsama kuda, sdngkan kaum muslim sdh dgn sabun.
Penemuan2 sains, dll pd awalny sbnarny jg dtemukan oleh penemu2 muslim.
itu lah sistem Islam yg diterpkan oleh negara khilafah yg dpimpin oleh khalifah, institusi Islam yg menyatukan seluruh kaum muslim d dunia, yg kini telah dilupakan kaum muslim bhkan mendengarny pun msh asing, apalagi utk mengenalny.
AS & sekutuny tdk rela jk Khilafah kembali berdiri krn akan mengancam hegemoni mereka, krn itu mereka brusaha mnghalang2i perjuangan penegakan kembali Khilafah di seluruh penjuru dunia dg berbagai cara.
Krn itu mari kaum muslim saatny Qt bersatu memperjuangkan kembali Khilafah utk melanjutkan kembali kehidupan yg Islami.
Krn Khilafah merupakan fardhu kifayah & janji Allah.
Rasul bersabda: "... & akan dtng masa Kekhilafahan yg mengikuti manhaj kenabian". Setelah itu Rasulullah diam. (HR. Ahmad).
Wallahu'alam bi ashowab.

Anonim mengatakan...

Eh smua pada baca sejarah islam nggak sih..!? Zaman dulu islam pernah berkuasa atas dunia, mampu menguasai sepertiga dunia, bahkan mulai merambah eropa, mengalahkan romawi, + memenangi perang salib. Selain itu ilmuwan2 mulslim jg hebat, buktinya aljabar kan yg nemuin ilmwan islam, pernah juga standar ilmu kesehatan di eropa di dasarkan dari buku karangan seorang muslim (kalo gak salah ibnu sina namanya). Tapi itu dulu waktu orang2 islam masih berpegang teguh pada qu'ran + sunah...!! Kalo orang islam skarang amit2 deh. Klo ada yg mulai berpikir maju langsung di berangus sama amerika cs.. Tp kejayaan islam pasti kembali,, Masalah kapan waktunya tergantung kita sbg umat muslim kapan mulai berbenah ..!!

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

@Anonim 3 sept 16.19 dan yg dibwahnya.
amin... maaf klw argumentasi saya krg berkenan buat anda.

saya udah tahu sjarah kejayaan islam pada masa silam. dimana Persia/Irak sebagai pusat ilmu pengetahuan Dunia kala itu.

tpi klw mau dilihat skali lagi. ngara-ngara maju jga tdk mmgang tguh pada Al qur'an bukan? tpi knapa mreka bisa maju. krena kategori maju saat ini berbeda dgn jaman dulu. jaman skarang kmajuan milik ngara maju berbanding terbalik degn ahlak mereka yg mngalami kmunduran.

tpi saya tetap berharap kjayaan Islam bisa bangkit kmbali suatu saat nanti... tpi dunia ini fana dan tak yang abadi termasuk kejayaan Islam didunia ini.

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

PERHATIAN!!!
Maaf untuk selanjutnya... kalau ada komentar yg memberatkan (apalagi komentar itu sama dengan kementar lain yg sudah diajukan), Dan saya sudah merasa menjelaskannya di postingan maupun komentar saya.

contoh pertanyaan: siapa bilang tidak ada negara islam yang Kaya... (diatas saya sdah menjelaskan perbedaan antara negara kaya dan ngara miskin)

atau pernyataan meragukan terhadap data-data yg saya tampilkan dipostingan ini. anda bisa langsung mengunjungi sumbernya (yaitu Wikipedia, sumber pling terpercaya yg bisa diakses oleh msy umum) dan sumber-sumbel lain dri internet.

Jadi, saya tidak akan menanggapi hal-hal yg sperti diatas, (trutama komentar yg menggunakan kata-kata kasar) mungkin akan saya hapus, terima kasih... :)

Penghemat BBM Mobil mengatakan...

Ulasan yang sangat detail dan lengkap mas, sungguh saya sempat berpikir, bahwa sampaian bukan orang biasa, tapi Luar biasa.

Salam hormat

Subhan
www.AlatPenghematBBM.com >>>Terbukti bisa hemat sampai 35%, Jika tidak terbukti hemat, barang Kembali!.

Budi Santoso mengatakan...

Apakah anda lupa?

Islam pernah memiliki negara adidaya yang bertahan hingga 13 Abad silam dalam naungan Daulah Khilafah....

Setelah runtuhnya khilafah (1924 M), Teritorial Islam yang luas serta kaya akan potensi sengaja dipecah menjadi negara-negara kecil hingga saat ini negara-negara "berpenduduk" islam menjadi seperti ini ....

Adminor mengatakan...

mari belajar dari kaum Nabi Hud. Mereka cakap memahat bukit yang mana tdk ada satupun bangsa yang bisa melakukan itu kecuali mereka, mereka kuat, sistem irigasi mereka terbilang maju kala itu, negeri mereka makmur, tapi toh akhirnya harus habis riwayat kemakmurannya karena penentangannya. Tragedi kaum Hud juga akan terjadi pada 'negeri maju pembangkang' sekarang ini.

Anonim mengatakan...

apapun komentnya minumnya teh anget,biar mulut gak garing,...........Bagimu Agamamu Bagiku Agamaku,gitu aja kok repot.........semuanya bakal mati spt saya,tak usah saling tuding.....senyum dan lapang hati adalah kebahagiaan....kita tidak minta di ciptakan,jg tidak minta di lahirkan.....mau apa?.....

Anonim mengatakan...

Robbana aatina piddunya hasanah wapil akhirati hasanah wakina adzabannar! Amin. Mhn maaf klo menyimpang dari tema posting yng sdra tulis,tpi sy sangat sedih,ketika melihat penindasan dan penjajahan yng terjadi dibeberapa negara muslim,cnthnya palestin,akankah kita hanya bisa berpangku tangan,tanpa berusaha melakukan apa2,blhkah kita b'buat s'suatu untk mereka,selain daripada do'a, blhkh sdra menulis artikel tentang negaraa2 muslim yng tengah t'rtindas,dan mengajak sodara-sodara lainya untuk menyumbng'. Trmksh.

Anonim mengatakan...

setuju banget sabda rasul,,, “Sesungguhnya Islam dimulai dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana awalnya, maka thuuba (beruntunglah) orang-orang yang asing” (HR Muslim).
n buktinya d postingan ini byak jg yg g nerima artikel ini,,,,wes semua qta kembalikan k Allah Subhanawata'ala,,
bwt penulis terus berkarya untuk berdakwah,,

aries mengatakan...

Semoga datang eranya Khilafah Islamiyah

Anonim mengatakan...

Omong tok, debat tentang agama tidak akan ada habisnya, semuanya cuma mementingkan agamanya sendiri.

Muhammad Rizki Fadillah mengatakan...

masih banyak aja tuh yang anonim diatas... hehhee...

Anonim mengatakan...

Ini masalah 'kemanusiaan' bukan masalah 'agama'..

Anonim mengatakan...

makanya ketinggalan terus.....ga mau menerima perubahan sichhhhh..........
kriminalitas bukan karena alcholol....semua tergantung diri kita masing2....buktinya di daerah g...banyak yang minum2an beralchohol tapi tidak menjadi kriminal....

Anonim mengatakan...

hmm.. menarik dan argumentatif.. good posting

Anonim mengatakan...

ngeliat semua masalah kehidupan...ndak bisa cuman satu sudut pandang, dan jgn terlalu fanatik dg hal2 baru.

Anonim mengatakan...

@ arif rahman / penulis : semut di seberang pulau sangat keliatan olehmu tapi gajah di pulupuk mata tak kau lihat.. jng cari kesalahan2 negara maju..kau bilang kenyataan? ya hellah saya rasa kamu jg denger2 dr orang lain . . acem pernah aja kau penelitian ke negara2 maju yg kau bilang ntu . . klau mau maju ya liat negara maju dong . . klau gw bilang mending contoh tuhh amerika...yg penting kaya dan rakyat makmur...tak udah liat prostitusinya krn prostitusi itu kmbali pada iman dari diri sendirti....

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

@ anonim: 4 September 2010 11.46

jgn nyerang gitu donk. langsung bilang nama saya lagi. saya hanya mencoba berargumentasi. melalui apa yang secara umum yang bisa kita lihat. gak perlu penelitian ampe kasana kan. toh data yg akurat dan bnar udah ada di wikped.

Baca dulu yg benar bru komen, saya bukan hanya menyinggung seks bebas (prostitusi). tpi jga Miras, Ganja, Judi, Bunuh Diri, dan Tindak Kriminalitas lain, dinegara maju yg jauh lebih tinggi dari negara miskin, berkembang, dan kaya (negara kaya dan maju beda!).

Saya tidak benci negara maju kok, saya hanya mencoba, menyajikan data secara objektif. dan anda sendiri yg bisa liat. saya tdk mencari-cari ksalahan ngara maju.

(kalau mau negur, jgn cuma pake anonim. biar gak kliatan asal ngomong dan tdk bertanggung jawab)

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

Miras, Ganja (d'bbrapa ngara bgian AS), Judi, Bunuh Diri, seks pra nikah dll.mungkin halal bagi anda yg kberatan saya bilang itu dosa, tapi dalam Islam itu Haram.

saya rasa anda yg Muslim pasti udah tau, (cuma ada yg pura-pura tdk tau aja). Contoh: Miras boleh, krena alasan menghangatkan tubuh... (bnarkah miras mnjdi Halal dinegara yg mengalami musim dingin?)

Anonim mengatakan...

terlalu banyak ngurusin urusan orang...
urusin negara kita sendiri aja blom bener...
bahkan urusin diri kita sendiri aja blom bener...

apa pun kepercayaannya jalanin aja yg sebaek2nya...
toh semuanya sebenernya mengajarkan kebaikan...
klo pengen maju,mulai dari diri sendiri...
percuma ngebanding bandingin klo diri kita sendiri aja blom bener...

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

Tolong Anonim dikurangi. klw gak suka, cukup membenci dalam hati, gak usah komen yg asal-asalan dan gak penting....

Anonim mengatakan...

URA USAH RIBUT.
PODO NGOCO O KABEH.

vegan mengatakan...

Negara bisa maju jika berpegang pada nilai2 agamis, walaupun formalnya tidak bergama.
Yang dimaksud nilai2 agamis adalah: jujur, rajin, tekun, usaha, menjaga kesehatan dan kebersihan, berpegang pada keadilan, dst.
Nilai-2 di atas boleh dikata dimiliki oleh semua agama, tapi aku tidak mengatakan bahwa semua agama sama. Ada hal-2 tertentu yang membedakan agama2 itu tidak sama.
Kehidupan bernegara menurut saya wajib didasarkan pada kesamaan2 yang ada, bukan pada perbedaannya.
Negara maju tidak identik dengan high crime rate, bunuh diri yang tinggi, korupsi dll. Menurut saya, Finlandia adalah negara maju yang saat ini menurut saya adalah Ideal.
Negara2 Islam juga bisa maju asalkan benar2 berpegang pada nilai2 yang baik diatas. Negera2 yang terbelakang sekarang itu tertinggal karena baru saja lepas dari penjajahan negara2 Eropa. Mental rakyatnya telah dirusak selama beratus2 tahun sehingga menjadi bangsa yang korup.
Khusus Indonesia, ada hal yang sangat destruktif menurut saya, yaitu adalah nilai moral kolektif yang tidak terbentuk dengan baik. Kalau dengan istilah lain: kesetia kawanan sosial yang sangat rendah. Salah satu[ penyebab adalah pembiaran terhadap pelanggaran hukum, baik yang besar maupun yang kecil.
Yang besar adalah koruptor2 kelas kakap, sedang yang kecil2 adalah pelanggaran aturan lalu lintas, seperti naik motor melawan arus.

anonim mengatakan...

hahahhaa...
g ada hubungan ny neg yg meluk agama apa jd maju ato g..
kita bs lihat dr masing" individu kok...
apa disni korupsi d halal kn..?? g kn..?? tp bny jg yg korupsi..jd.kmajuan negara tu bkn dr agama nya.dsni bny org yg ngaku b'agama tp bejat jg..
jadi kesimpulannya??? URUSIN URUSAN MASING"..

_______ mengatakan...

g usah bela agama masing2!!!
mau maju ato g suatu negara tgantung individunya..
apa mereka menjalankan ajaran agama mereka dg benar..semua agama mengajarkan kebaikan kok..
ribet deh loo semua...

noname mengatakan...

@ Moh. Arief Rahman M. saya rasa smua agama mengharamkan sex bebas.jd jgn mlihat agamanya.tp tgantung masing" individunya.neg maju mmg sudah biasa dg sex bebas krn negara memberikan kebebasan bagi masing" individu..tp d indo(yg disebut negara beragama)walau sex bebas dharamkan jg bny yg mlakukan.knp? krn hukum krg dtegakan..jd hal ini sudah biasa d kalangan remaja.smp skrg aj film" d bioskop bny yg krg senonoh.knp dperbolehkan beredar? bknnya ini menandakan kemunduran moral? sama saja bukan? 1 lg, angka korupsi d indo dbanding neg maju jg lebih besar bukan?
intinya kembali k msg" individu.
agama hanya sebagai benteng pngndalian diri seseorang.tp bmoral atau tidaknya tgantung org tsebut apakah dapat mengamalkan ajaran agamanya atau tidak.Terima kasih.

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

usrus diri sendiri?, urus urusan msg-msg? klw gitu gak usah komen d'sini donk. 'kan z udah blang, klw gak suka cukup mmbenci dlm hati.

Tpi, sperti yg anda blg. semua agama mngajarkan kebaikan. termasuk brbgi pendpat, mngingatkan, n nasehat dll... jdi jgn cuma urusin diri sendiri aja, dgn alasn diri sndiri aja blum bner. klo bgitu smua org d'dunia ini bkal urusin dirinya sendri aja, krena pda dsarnya tdk ada yg orang sempurana.

@noname.

brarti orang indonesia, individunya banyak yg gak bermoral ya, klo dibndingin dgn orang-orang AS.

smua agama mghramkan seks bbas. trus knapa ada kbebasan berseks di ngara mju, apa krena msyrkatnya gak bragama? tanya kenapa?

Disini bxk perbdaan pendapt, trutama krena perbedaan agama msing-msing. ada yg blg tujuan bertuhan untuk mju, ada jga yg bilg agama gak berpengaruh terhadap kemajuan suatu ngara. emang susah berhadapan dgn anonim, mreka bisa seenaknya gnti-gnti argumen (gak konsisten dan tdk bertnggung jwb)

Anonim mengatakan...

betul.be your self aja

noname mengatakan...

ya lo urusin aj urusan negara lo.
ngapain repot2 ngorek2 neg orang yg udh maju?
berasa paling bener ajee..
aduuh susah yaa ngmng sm anda Moh.AriefRahman M. udah saya blg agama itu sbg benteng pengendalian diri seseorang.tapi kalo dari diri orang itu g ada kesadaran..sm ajakan? jd balik k individunya,bukan negara atau agamanya.
ada juga kok org" d negara maju yg g melakukan sex bebas.emng anda nanyain satu"..??

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

Nyolot... jadi anda ingin saya setuju-setuju aja dgn pendapat anda. kan z udah bilang, klo gak suka dgn pendapat z cukup membenci dlm hati. ini blog saya, tmpat saya beropini, mengeluarkan unek2 dn pendapat.

jadi kalau anda mau, ya bikin aja tulisan d'blog anda sendiri, mengenai "Negara Maju Negara Yang Indah" contohnya.

kok belain amat negara maju. emang situ warga negara maju yg mana. skali lg z blg, SAYA TIDAK NGEJELEKIN NEGARA MAJU. z hanya mencoba melihat negara maju dan berkembang/miskin, dari sudut pandang yg berbeda. (bukan materi, tapi hati, pernah dnger sitilah "kaya hati kan")

Kalau saya bilang tindak kriminalitas di Indonesia paling tinggi didunia, oleh karena itu Indonesia gak maju-maju. (itu bener gak? mana buktinya/data yg mnunjukkan tindak kriminalitas di indonesia gak kalah tinggi ama yg di AS dll)

(artikel ini, sbenarnya buat yg Muslim). klw anda bca baik-baik, mungkin anda bisa mengerti maksud saya.

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

Saya rasa pendapat saya dipost ini tidak salah. dan saya yakin saya dan anda tdk akan mendapat kregian dan dosa dari postingan ini. kalo anda non muslim sya bisa wjar pendpat/pandangan hidup anda lain dri saya.

Gak mungkin 'kan. saya menghapus post ini dan mrubah pndangan hidup saya. hanya krena komen seorng noname/anonim kyak anda. (btul tdk?)

(Urusin diri sendiri 'kan, kalo gitu gak usah urusin saya, blog dan pendapat saya) dan saya tdk ngurusin anda, karena postingan ini tidak ditujukan untuk orang-ornag sperti anda. (ini untuk muslim yg sependapat, bukan untuk merubah opini seseorang dari A ke B)

ini argumentasi(pendapat) bukan Persuasif(mengajak/merubah pendpt org).

1+1=2 mengatakan...

Klo rujukannya IMF, CIA, Bank Dunia mah...tu cm konspirasi AS aj biar negara Islam jd down. Contoh kasus aj, pembangunan Burj Dubai yg katanya bankrut spt digembargemborkan media barat,tidak terbukti dan memang itu bagian dari konspirasi AS + sekutunya biar investor lari dr negara Islam dan AS benar2 iri dg pariwisata di UAE yg gila2an pembangunannya...

mediatangsel mengatakan...

salam kenal bro..sedang menyimak

Anonim mengatakan...

masa kejayaan Islam suatu saat akan tiba... Kita harus berjuang demi itu juga... Semangad....

http://alatpenghematbensinmotor.wordpress.com/

Anonim mengatakan...

: hahaha.. tapi kenapa warga dari negara islam banyak yang bermigrasi / pindah / kerja ke negara maju kalau di negaranya sendiri enak? :p

Kalau saya lebih tertarik dengan konsep negara bhutan, yang mengukur kemakmuran mereka dengan indeks kebahagiaan, bukan ekonomi

toel mengatakan...

saya suka!!!!
FIGHTING!!!!!
LANJUTKAN!!!

Moh. Arief Rahman M. mengatakan...

Sekedar info: data di wikipedia ttg negara maju. Baru-baru ini saya cek dan terjadi perubahan pada daftar negara maju:
Negara bukan Eropa:
Australia
Kanada
Korea Selatan
Hong Kong
Libya
Jepang
Selandia Baru
Singapura
Taiwan
Amerika Serikat

posisi israel digantikan oleh Libya. itu berarti ada satu negara Islam yg dinyatakan sebagai negara maju dan Israel bukan negara maju lagi. (Berita Baik)

Anonim mengatakan...

toshiba fsh drv 8 gb black

Anonim mengatakan...

bagus.... tapi klo sebenernya, saudi arabiyah itu negara maju nomor 1... berarti yang kita kenal ini bisa jadi, ANALISA YANG DIBUAT BUAT, GAK ASLI>>> DAN DIMADIF AMA YAHUDI...

Unknown mengatakan...

Benar sekali...Berdasarkan fakta dan Real..tidak ada yang harus di perdebatkan karena semuanya terjadi dengan keadaan dan situasi sebenarnya
Subhanallah..Ternyata Allah memberikan kebahagian kepada umat islam secara rahasia...HANYA KITA YANG MERASAKANYA....

Unknown mengatakan...

Benar sekali...Berdasarkan fakta dan Real..tidak ada yang harus di perdebatkan karena semuanya terjadi dengan keadaan dan situasi sebenarnya
Subhanallah..Ternyata Allah memberikan kebahagian kepada umat islam secara rahasia...HANYA KITA YANG MERASAKANYA....

Unknown mengatakan...

israel-yahudi itu termasuk negara islam bukan

Unknown mengatakan...

1. Crime total. Jadi kalau negara penduduknya banyak ya wajar kalo banyak crime. Mungkin kalau tabelnya diganti crime perkapita kelihatan lebih adil. Istilah di normalize kalo di statistik.
2. Kesadaran hukum. Kalo kamu dicopet di indo atau dipalak seratus ribu, apa pasti lapor polisi? Di kota aja belum tentu apalagi yang di desa. Crime ga direport, ya ga masuk statistik :) belum tentu lho crime di indonesia/arab lebih sedikit. Apalagi ada jalan "damai". Rape juga mgkn dianggap aib jadi instead dilaporkan malah di kawinkan :))
3. Coba tes keyword baru. Safest place to live. Bisa jadi Japan di peringkat teratas. Negara islam (?) yang ada mgkn singapore di peringkat agak bagus. Monggo di browse sendiri.

Source: browsing browsing pake keyword diatas plus saya pernah tinggal di beberapa negara eropa cina jepang korea.

Unknown mengatakan...

Ada kok. Uni emirat arab dan qatar. Mereka kaya juga. Islamnya juga banyak disana. Tergantung cara pandang masyarakatnya.

MasteroftheGames mengatakan...

Islam itu melawan Kodrat manusia, liat aza brp bnyk Ayat2nya yg sdh gak Valid? Baca n buktikan sendiri Quran n Hadish sdh bnyk tersebar di Inet...Kl msh aza ngotot bela Ayat2 aplg dgn cara khas cucoklogi, yg udah jelas2 gak Valid bhkn melawan Logika n Nurani, gmn mau Maju? Sdh Sunatulloh bhw Islam gak bakal Maju krn mmg pakem Hukum nya jalan di tempat, displin mati, semua harus ditelan mentah2 tanpa protes wlpun melawan Nurani n Logika, bgm Akal Budi muslim mau berfungsi?....Gmn jdnya kalau Radikal muslim pny Nuklir? Habis lah peradaban dunia n kita semua kembali ke zaman batu...Gak usah Muna aplg Marah2 pdhl gak pernah baca Quran n Hadish sama sekali...Iqro, baca sendiri Quran n Hadishnya jgn cm denger dr Ustadz2 yg tausiyahnya Dangkal, penuh Kefanatikan n gak menyentuh esensi apa2 utk kemajuan ummat muslim sendiri...Segera Bebaskan diri Anda dari belenggu Kebodohan Islam untuk mjd Manusia seutuhnya

MasteroftheGames mengatakan...

Contoh khas Tolol nya Muslim

Unknown mengatakan...

hot promo shiokuda sekarang menjadi tambah hot lagi segera kunjungi kami
bonus deposit awal 1 jta keatas menjadi 5%
tunggu apa lagi sobat togelmaina berakhir pada tanggal 31.05.2015
discount yang tinggi
LEVEL 1 : Deposit 50rb – 499.999
2D : 27%
3D : 57%
4D : 65%
LEVEL 2 : Deposit 500.000 – 999.999
2D : 28%
3D : 58%
4D : 66%
LEVEL 3 : Deposit 1jt – keatas
2D : 29%
3D : 59%
4D : 67%
NB: SYARAT KETENTUAN BERLAKU, UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI CS KAMI YG BERTUGAS DI LIVECHAT ATAU BB KAMI 24 JAM.
UNTUK INFO LAINNYA SILAKAN HUBUNGI CS KAMI 24 JAM ONLINE
VIA LIVE CHAT & BBM 25CC7D3A 
www.shiokuda.com

Unknown mengatakan...

hot promo shiokuda sekarang menjadi tambah hot lagi segera kunjungi kami
bonus deposit awal 1 jta keatas menjadi 5%
tunggu apa lagi sobat togelmaina berakhir pada tanggal 31.05.2015
discount yang tinggi
LEVEL 1 : Deposit 50rb – 499.999
2D : 27%
3D : 57%
4D : 65%
LEVEL 2 : Deposit 500.000 – 999.999
2D : 28%
3D : 58%
4D : 66%
LEVEL 3 : Deposit 1jt – keatas
2D : 29%
3D : 59%
4D : 67%
NB: SYARAT KETENTUAN BERLAKU, UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI CS KAMI YG BERTUGAS DI LIVECHAT ATAU BB KAMI 24 JAM.
UNTUK INFO LAINNYA SILAKAN HUBUNGI CS KAMI 24 JAM ONLINE
VIA LIVE CHAT & BBM 25CC7D3A 
www.shiokuda.com

Unknown mengatakan...

Lha qatar nggak ente masukin min ??? Brunei darussalam ??? Saudi arabia ??? Dubai ???

Posting Komentar