Sabtu, 19 Mei 2012

Lagu-Lagu Tertua Yang Tetap Populer Hingga Saat Ini

Mungkin sudah berjuta-juta lagu telah diciptakan di dunia ini, banyak yang bagus dan begitu populer pada zamannya, tapi butuh sang tangan dingin dan jenius untuk menciptakan lagu yang abadi yang tak lekang oleh waktu sehingga ia masih dikenal oleh generasi berikutnya bahkan masih banyak yang menyanyikanna hingga saat ini.

Berikut adalah lagu-lagu tertua yang saya kenal dan setahu saya masih sangat populer di dunia (termasuk di tanah air) hingga saat ini (beserta penyanyi atau band yang mempopulerkannya).

Token - Lion Sleps Tonight
"The Lion Sleeps Tonight", juga dikenal sebagai "Wimoweh" dan awalnya "Mbube", adalah lagu yang direkam oleh Salomon Linda dan Evening Birds. untuk Perusahaan Rekaman Afrika Selatan Gallo pada tahun 1939. Di-cover seacra internasional oleh artis tahun 1950 seperti including The Weavers, Jimmy Dorsey, Yma Sumac, Miriam Makeba, and The Kingston Trio. Pada tahun 1961, single ini menjadi single hit nomor satu di Amerika Serikat sebagai adaptasi oleh kelompok doo-wop, Token.

The Beatles - I Wanna Hold Your Hand
"I Wanna Hold Your Hand" adalah sebuah lagu dari band rock Inggris The Beatles. Ditulis oleh John Lennon dan Paul McCartney, dan direkam pada Oktober 1963 dan dirilis 29 November 1963.

Selain itu masih banyak lagu-lagu The Beatles yang masih populer hingga sekarang seperti “Here Comes the Sun”, “Something”, “help” dll.

The Carpenters - Close To You
"Close to You" adalah lagu populer yang ditulis oleh Burt Bacharach dan Hal David. Ini pertama kali direkam oleh Richard Chamberlain dan dirilis sebagai single pada tahun 1963 sebagai "(They Long to Be) Close to You", tanpa tanda kurung. Tapi versi yang direkam oleh The Carpenters-lah yang paling terkenal dan menjadi hit pada tahun 1970.

John Denver - Leaving on a Jet Plane
"Leaving on a Jet Plane" adalah lagu yang ditulis oleh John Denver pada 1966 dan mulai lebih terkenal oleh Peter, Paul and Mary. Judul asli dari lagu ini sebenarnya "Oh Babe I Hate to Go" tetapi Denver's kemudian produsernya, Milt Okun, mengubah judul lagu tersebut.

The Archies - Sugar, Sugar
"Sugar, Sugar" adalah single hit nomor satu selama empat minggu, tahun 1969 oleh karakter fiksi The Archies. Diproduksi oleh Jeff Barry, lagu itu awalnya dirilis pada album “Everything's Archie”. Album ini adalah produk dari sekelompok musisi studio yang dikelola oleh Don Kirshner. Vokal Ron Dante ditemani oleh orang-orang dari Toni Wine (yang menyanyikan baris "I'm gonna make your life so sweet"), dan Andy Kim. Bersama-sama mereka memberikan suara dari Archies menggunakan multitracking.

Bob Marley - No Woman, No Cry
"No Woman, No Cry" adalah lagu reggae dari Bob Marley & The Wailers. Lagu ini pertama kali dikenal pada tahun 1974 melalui album studio “Natty Dread”.

Pilot - It’s Magic
"Magic" adalah lagu populer 1974 dari “Pilot” band rock pop Skotlandia, dan merupakan hit single pertama untuk grup. Ditulis oleh Dave Paton Pilot untuk album debut mereka, Dari Album dengan Nama yang Sama. Single paling berhasil di Kanada, di mana ia mencapai #1, memuncaki grafik single nasional RPM pada tanggal 19 Juli, 1975 dan menerima sertifikasi emas. Behasil menanjak ke peringkat 11 di UK Singles Chart dan mencapai #5 pada musim panas 1975 di Billboard Hot 100 Amerika Serikat.

Michael Jackson - One day In Your Life
"One Day In Your Life" adalah lagu yang direkam oleh Michael Jackson tahun 1975, dan menjadi salah satu single dalam albumnya “Forever”. Lagu yang ditulis oleh Sam Brown dan diaransemen oleh Renée Armand itu kemudian dirilis sebagai single pada tahun 1981.

Selain One "Day In Your Life" masih banyak lagi lagu-lagu lawas dari Almarhum Michael Jackson yang masih populer hingga sekarang seperti “I’ll Be There”, "Heal The World" dll.

Electric Light Orchestra - Mr. Blue Sky
"Mr Blue Sky" adalah sebuah lagu dari grup rock Inggris Electric Light Orchestra, ditampilkan di album studio ketujuh mereka “Out of The Blue” (1977). Ditulis dan diproduksi oleh pentolan Jeff Lynne. "Mr Blue Sky" berada pada nomor 35 di Billboard Hot 100 Amerika Serikat. Single ini juga mencapai nomor enam di UK Singles Chart.

Queen - We Are The Champions
"We Are the Champions" adalah kekuatan balada yang ditulis oleh Freddie Mercury kemudian direkam dan ditampilkan oleh band rock Inggris Queen untuk album mereka “News of the World" pada tahun 1977. Ini adalah salah satu lagu mereka yang paling terkenal dan populer, tetap menjadi salah satu anthem lagu rock yang paling terkenal.

Selain itu, masih ada lagi single dari Queen yang cukup terkenal hingga sekarang salah satunya adalah “Bohemian Rhapsody”.

Billy Joel - Uptown Girl
"Uptown Girl" adalah lagu dari penyanyi Amerika Serikat Billy Joel yang dirilis sebagai singel tanggal 29 September 1983 dari album An Innocent Man. Lagu ini di Billboard mencapai posisi 3 dan posisi 1 di UK Singles Chart.

Guns N' Roses - Sweet child O ‘Mine
"Sweet Child o 'Mine" adalah single ketiga oleh American rock band Guns N' Roses, dan yang ketiga dari 1987 album debut mereka studio, Appetite for Destruction. Dirilis pada tanggal 17 Agustus 1988, lagu itu menduduki puncak Billboard Hot 100 chart, menjadi band pertama dan hanya nomor satu di Amerika Serikat ini mencapai nomor enam di UK Singles Chart, ketika dirilis ulang pada tahun 1989.

0 komentar:

Posting Komentar