Senin, 17 Desember 2012

Fakta-Fakta Unik Mengenai Dunia Elektro


Selama menjadi mahasiswa baru pada semester pertama di jurusan teknik elektro, saya menemukan beberapa fakta unik dari teman-teman, senior, ataupun dari mata kuliah yang dibawakan oleh para dosen di kampus tenpat saya kuliah sekarang ini. Fakta unik tersebut antara lain:

1. Kertas alumunium foil yang dipelintir lalu dimasukkan ke port/lubang headset pada hape, bisa dijadikan pengganti headset untuk mengakses radio.

2. Bahan isolasi atau pembungkus kawat/kabel listrik bukan hanya benda padat seperti karet, plastic, dll. Tapi juga bisa berupa zat gas dan zat cair.

3. Kabel pada tiang listrik pada tegangan tinggi dan tegangan menengah (yang dipinggir jalan) adalah kawat telanjang yang bahan isolasinya adalah udara bebas.

4. Pada saat burung hinggap di atas kabel listrik yang merupakan kawat telanjang bertegangan tinggi, mereka tidak akan tersetrum karena burung tersebut hanya hinggap pada sebuah kabel dan tidak menyebabkan terjadinya perubahan pada tegangan listrik pada kabel tersebut. Kaki mereka tidak menyentuh kabel netral atau ground (tanah). Jadi tidak ada aliran listrik melewati tubuh burung sehingga burung tidak akan tersetrum.

5. Jika kita menyentuh kabel listrik seperti burung yang mencengkeram kabel, maka kita juga tidak akan tersetrum tentunya asalkan kaki kita tidak menyentuh tanah atau menggunakan alas kaki yang merupakan isolator (plastik, sandal karet, dan lain-lain).

6. Tidak semua zat cair menghantarkan listrik. Contohnya zat cair yang digunakan sebagai bahan isolasi adalah minyak transformator yang merupakan minyak mineral yang diperoleh dengan pemurnian minyak mentah.

7. Biaya Hak Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio selanjutnya disebut BHP Frekuensi Radio adalah kewajiban yang harus dibayar oleh setiap pengguna frekuensi radio.

8. Dulu Indonesia memiliki distribusi listrik ke rumah-rumah dengan tegangan 110 volt sama seperti Jepang. Tapi agar irit biaya distribusi, sekarang tegangannya dinaikan menjadi 220 volt. Karena biaya distribusi tergantung Ampere, bukan Voltage.

9. Tanpa transistor maka ukuran komputer akan tetap sangat besar, begitu pula alat elektronik lainnya.

10. Raksa merupakan unsur logam yang berbentuk cair pada suhu ruangan.

11. Pada tahun 1921, istilah “robot” pertama kali dipakai dalam sebuah drama “R.U.R.” (Rossum’s Universal Robots) oleh penulis Czech, Karel Capek. Ceritanya sederhana: seorang manusia menciptakan robot dan kemudian robot tersebut membunuh penciptanya!

12. Pada tahun 1942, Asimov menulis ”Runaround”, sebuah cerita robot yang memiliki 3 aturan/hukum (Three Laws of Robotics):
a. Robot tidak boleh melukai atau menyakiti manusia.
b. Robot harus patuh terhadap perintah manusia agar robot terhindar dari perbuatan melukai manusia.
c. Robot harus melindungi keberadaannya selama dia tidak melanggar aturan pertama dan kedua.

13. Ide menyimpan data di dalam bakteri sudah terlintas sekitar satu dekade terakhir. Pertimbangannya, bakteri yang paling sederhana sekalipun memiliki untaian DNA panjang yang bisa menyimpan enkripsi data. Selain itu, secara alamiah, bakteri jauh lebih tahan terhadap kerusakan dibanding media penyimpanan elektronik manapun. Ia sanggup bertahan dari berbagai macam bencana yang dapat menghancurkan harddisk.

14. ahli dari East Sussex, Inggris, sedang mengadakan penelitian untuk dapat memanfaatkan panas dari pembakaran mayat sebagai pembangkit listrik.

15. Electroreception biologis adalah istilah untuk beberapa mahluk hidup seperti belut listrik yang memiliki kemampuan untuk memproduksi listrik untuk berburu mangsa, melawan serangan pemangsa dan bahkan navigasi.

Untuk saat ini itu saja yang saya ingat, nanti kalau ada lagi Insya Allah saya akan update.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Keren kk info nya..
banyak yang baru tau juga nie..

salam kenal
http://elektro-unimal.blogspot.com/

Linda mengatakan...

This is extremely helpful info!! Very good work. Everything is very interesting to learn and easy to understood. Thank you for giving information.
potaca

Unknown mengatakan...

Waww menarik sekali fun factsnya kakak, ijin share ke post ig 😄👍

Posting Komentar