Sabtu, 05 Mei 2012

Tips Untuk Yang Baru Belajar Main Gitar

Meskipun saya juga belum terlalu tahu dalam bermain gitar, tetapi berdasarkan konsep awal diciptakannya blog ini (gaya...bener...), yaitu berbagi tentang apa saja yang saya ketahui yang menurut saya penting untuk di share kepada orang-orang di mana saja. Jadi, baik itu hal-hal yang sudah lama ataupun hal-hal yang baru saya ketahui sekalipun, jika menurut saya itu penting maka akan saya publikasikan di blog ini, hehehe…!! :D

Bagi kalian yang baru saja ingin memulai belajar bermain gitar, mungkin beberapa tips di bawah ini dapat sedikit membantu kalian:

1. Belilah gitar dan buku-buku chord lagu sendiri supaya lebih leluasa dan bisa kapan saja untuk belajar. Kalau belum bisa beli, ya pinjam dari teman. (kalau gak punya teman... nyolong)

2. Terus minta tolong sama pemilik/penjaga toko atau teman kalian untuk stem gitar. Atau kalian belajar sendiri saja. Begini cara paling sederhanya:

Yang harus diketahui:
-Bar ke 4 dan 5 maksudnya kolom ke lima dan ke empat dari ujung gitar.
-Dan senar dihitung dari bawah, artinya senar 1 adalah senar yang paling tinggi atau tipis bunyinya.
-Feeling sangat diperlukan.


Caranya:
-Putar dan stem senar 1 sesuai keinginan (jangan terlalu renggang tapi jangan juga terlalu kencang, karena bisa putus kalau terlalu dipaksakan).
-stem senar 2, caranya pencet bar ke 5 pada snar 2, samakan suaranya pada senar 1.
-stem senar 3, caranya pencet bar ke 4 pada snar 3, samakan suaranya pada snar 2.
-stem senar 4, caranya pencet bar ke 5 pada snar 4, samakan suaranya pada snar 3.
-stem senar 5, caranya pencet bar ke 5 pada snar 5, samakan suaranya pada snar 4.
-terakhir trus stem senar 6, caranya pencet bar ke 5 pada snar 6, samakan suaranya pada snar 5.

3. Hafal kunci dasar dulu, baru kunci-kunci yang lain.

Kunci Dasar:


Kunci Dasar dan Lainnya:

4. Dalam memetik gitar, bisa sesuai dengan keinginan sendiri dulu asalkan masuk dengan lagunya. (sekali jreng-jreng juga gak papa, 'kan baru belajar).

5. Setelah latihan-latihan sendiri di rumah, coba tunjukkan ke teman kalian yang sudah mahir, apakah kalian sudah melakukannya dengan benar atau belum.

6. Pada awalnya pasti terasa sulit sekali dan jari-jari akan terasa perih, tapi semakin sering kalian berlatih maka kalian akan semakin terbiasa dan mahir dalam memainkan gitar… :D

7. Chord lagu juga bisa didownload di internet.

0 komentar:

Posting Komentar